Jumat, 26 Februari 2016 - 11:27:52 WIB
Kepala KUA Telukbetung Timur : Pentingnya merajut Sakinah Mawaddah Wa Rahmah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Inmas - Dibaca: 813155 kali

Bandar Lampung (Inmas) —KUA Kecamatan Teluk Betung Timur mengadakan kegiatan Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN), Kamis (18/2) di Ruang Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Teluk Betung Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 5 pasang calon pengantin. Kepala KUA Kecamatan Teluk Betung Timur, Drs. Fauzan, MH, memberikan materi kepada calon pengantin yang akan melaksanakan perkawinan.

Menurutnya Fauzan, pentingnya merajut keluarga sakinah, mawaddah, warahmah bagi pasutri. Fauzan menjelaskan sakinah itu dalam bahasa Arab, kata sakinah di dalamnya terkandung arti tenang, terhormat, aman, merasa dilindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan.

Namun, penggunaan nama sakinah itu diambil dari al Qur’an surat 30:21, litaskunu ilaiha, yang artinya bahwa Allah SWT telah menciptakan perjodohan bagi manusia agar yang satu merasa tenteram terhadap yang lain. Mawaddah adalah jenis cinta membara, yang menggebu-gebu kasih sayang pada lawan jenisnya (bisa dikatakan mawaddah ini adalah cinta yang didorong oleh kekuatan nafsu seseorang pada lawan jenisnya).

“Wa artinya dan, sedangkan Rahmah (dari Allah SWT) yang berarti ampunan, anugerah, karunia, rahmat, belas kasih, rejeki. (lihat : Kamus Arab, kitab ta’riifat, Hisnul Muslim (Perisai Muslim) Jadi, Rahmah adalah jenis cinta kasih sayang yang lembut, siap berkorban untuk menafkahi dan melayani dan siap melindungi kepada yang dicintai. Fauzan juga menambahkan bahwa dengan diadakan SUSCATIN ini para calon pengantin diharapkan dapat membentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah. (mjk/anggi/sry).